KKN UNMUH Jember: Kegiatan Minggu Pertama Kkn-T Kelompok 3 Di Desa Plalangan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 20:30 WIB

Laros Media - Berikut merupakan artikel oleh salah satu kelompok peserta KKN Tematik UNMUH Jember yang melakukan praktik pengabdian di Desa Plalangan, Kecamatan Kalisat, Jember.

Dimulai tanggal 27 juli 2022 kami melakukan survei pertama bersama kelompok, pada saat survei kami menemui koordinator perangkat dan meminta izin untuk melakukan KKN-T dibalai desa yaitu bertempat di Desa Plalangan Kecamatan Kalisat. Pada saat survei kami diterima dan kami diberi fasilitas yang sangat lengkap. Setelah pertemuan dengan perangkat desa kami membersihkan ruangan yang akan kami tempati. Pada sat survei pertama dilakukan kami mendapatkan info mengenai UMKM yang berada di Desa Plalangan, selain itu kami juga mendapat info mengenai agenda terdekat yang ada di balai desa.

UMKM yang berada di Desa Plalangan terdiri dari ikan hias, kerupuk, batu bata, dan bukit. Di Desa Plalangan ini memiliki 4 dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Curah Lembu, Dusun Plalangan dan dusun Jambuan. Mayoritas penduduk Desa adalah buruh tani dan mayoritas penduduk madura. Terdapat kurang lebih 13000 penduduk desa dan Desa Plalangan adalah Desa paling luas nomor 2 sekecamatan Kalisat.

Baca Juga: KKN UNEJ Beri Pelatihan Cara Membuat Kompos dari Limbah Dapur ke Ibu-ibu Desa Rambupuji

Pada tanggal 1 Agustus beberapa dari kelompok kami melakukan upacara pembukaan di kampus dan kecamatan, setelah upacara pembukaan selesai kami melakukan pertemuan dengan perangkat desa berserta DPL, setelah pertemuan berlangsung  kami melakukan survei data UMKM yaitu kerupuk, disitu kami mendapat info dari proses pembuatan, pengemasan, hingga proses penjualan

Pada tanggal 2 Agustus kami melakukan pertemuan pagi dihadiri oleh KAUR, KASUN, BABINSA Polri dan BABINSA TNI. Kami mendapat informasi bahwa ketika mengadakan acara kami cukup megubungi dan izin lewat nomor whattsapp yang di beri oleh BABINSA Polri dan BABINSA TNI dan tidak membutuhkan surat resmi.

Setelah Pertemuan selesai kami melakukan rapat pertama yang membahas mengenai lomba agustus, disitu kami membahas mulai dari plan lomba, dekorasi, konsep, hingga hadiah. Pada siang hari kami melakukan pertemuan yang dihadiri oleh KADES dan KAUR. Dalam pertemuan ini dengan KADES kami melakukan sharing mengenai UMKM dan proker yang akan kami laksanakan. Tetapi untuk minggu pertama mulai dari tanggal 5 sampai 7 agustus kami fokus pada kegiatan lomba agustus yang di meriahkan oleh masyarakat penduduk Desa Plalangan. Yang mana kegiatan tersebut juga perlu kesiapan yang matang, mulai dari kegiatan perlombaan agustusan sampai sistematika waktu dengan baik. Kita peringati perlombaan ini dengan semeriah mungkin dan seru tentu nya. Maka dari itu seluruh anggota kelompok 3 kkn membentuk panitia untuk melaksanakan tugas sesuai devisi masing – masing agar acara perlombaan memperingati kemerdekaan 17 Agustus 1945 ini berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Gong! Peresmian Komunitas UMKM KASNO Desa Rambipuji oleh KKN UNEJ 2022 Kelompok 4

Sistematika kegiatan lomba agustus yang telah kami tentukan dibuat secara rinci mulai dari kegiatan, kostum pemain, alat yang dibutuhkan, kegiatan panitian serta waktu. Kegiatan lomba tersebut dilaksanakan hari jum’at antara lain, mulai dari pukul 07.00 – 08.00 yaitu kegiatan senam yang diikuti oleh ibu – ibu dan bapak – bapak dari desa Plalangan serta kelompok mahasiswa KKN Tematik dan Mahasiswa KKN Kolaboratif.  Setelah kegiatan senam dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni kegiatan lomba 17 Agustus, kegiatan ini antara lain, Lomba makan kerupuk, Paku dalam botol, Balon jidat. Kemudian kegiatan lomba pada hari sabtu antara lain Estafet tepung, Estafet sarung, Memasukkan benang dalam jarum. Disusul hari Minggu yakni Keseimbangan bola, sepak bola joget, dan terakhir pembagian hadiah. Dengan adanya acara tersebut Balai Desa di desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember menjadi meriah.

Halaman:

Editor: Fajri Wildana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X